Langsung ke konten utama

Unggulan

Belajar Diam

Selasa pagi di sudut kamar, sebuah laptop acer jadul sudah menunggu untuk menemani work from home hari ini. Selain menyiapkan amunisi untuk teman kerja berupa kopi hitam dan donat homemade yang alhamdulillah kali ini tidak bantet, saya juga mulai mengutak-atik hp untuk mencari musik sebagai backsound yang niatnya buat bikin tambah semangat kerja. Berhubung saya sudah lama tidak menyimpan musik di HP, jadilah saya buka youtube buat cari musiknya. Eh, dilalah malah lihat kajian ustadz favorit yang kalo ngasih tausiyah tuh ngademin banget. Yup, beliau adalah ustadz Oemar Mita. teman-teman yang suka dengar kajian beliau pasti setuju. Kali ini beliau membahas 'diam'. Judulnya simpel tapi setelah didengar ternyata ngena banget dan bikin ngangguk-ngangguk sendiri. Ya Allah, ini tuh kayak teguran buat saya.  Saya tuh orangnya pendiam. Saya juga sulit menemukan teman yang sreg. Tapi kan, saya pernah mikir harus berubah. Mungkin saya harus ngomong, ngomong apa aja deh, biar saya jadi mud

Bawa motor sendiri..dipedein aja walau takut🙈

Alhamdulillah tidak bablas tidur gegara begadang semalam. Tidak lama setelah alarm berbunyi, Allah gerakkan diri ini untuk bangun dan bersiap. Setelah mandi dan sholat subuh, dengan semangat saya bersiap berangkat ke kantor. Niatnya bisa bantu-bantu art beresin rumah sebelum berangkat kantor. Kasiaan, art habis jalan jauh buat kesini harus ngadepin rumah yang super berantakan sama mainan. Belum selesai bersiap, eh, art udah nyampe, nggak jadi bantu beres-beres deh, hihi.

Biasanya sekitar jam 6 pagi setelah semua beres dan anak- anak udah diciumin satu-satu, saya mulai memesan ojek online untuk diantar ke stasiun. Kalo ke kantornya mah naik kereta, soalnya beda kota. Eh, tetiba ada keinginan buat coba bawa motor sendiri. Sebenarnya udah bisa sih bikin motor itu menggelinding di jalanan, tapi nggak pernah pede untuk bawa ke jalanan yang penuh dengan rambu-rambu lalu lintas. Ketakutan pertama itu waktu pindah jalur dan muter balik, itu stresnya minta ampun. Pernah coba sebelumnya, buat puter balik itu bisa makan waktu hampir setengah jam, padahal kalo nyebrang jalan kaki, semenit juga nyampe.

Mumpung masih jam 5.30, dengan berharap jalanan agak sepi, bismillah saya melajukan motor sendiri ke stasiun. Deg-degan pasti, soalnya benar-benar pertama kali bawa motor sejauh ini dan ke keramaian begini. Sebelum nyampe jalan besar sih oke, semua lancar tanpa hambatan berarti. Waktu belok ke jalan besar, waduh, baru beberapa langkah, ada angkot yang berhenti di pinggir jalan, menghambat jalur kiri yang menjadi harapan saya untuk berkendara pelan. Mulailah saya bingung gimana cara pindah jalur. Yup, ujian pertama pagi ini. Niatnya mau nungguin ini angkot jalan, tapi kok malu ya, hehe. Motor- motor yang rame di belakang udah pada pindah jalur, cuma saya yang kayak orang linglung nungguin angkotnya jalan. Saya sampai mengomel sendiri, untung pake masker jadi tidak kelihatan orang. 

Akhirnya pelan-pelan sambil terus berdoa saya berusaha pindah jalur seraya menahan malu karena cara pindah jalurnya yang kaku banget, nggak lancar kayak orang-orang. Waktu jadi penumpang, saya cukup cerewet untuk mengingatkan orang yang membonceng saya untuk berbagai hal, seperti ngebut, nyalip. Saat itu hal-hal tersebut terlihat sepele, tapi setelah dijalani ternyata bisa bikin keringat dingin juga.

Alhamdulillah perjalanan selanjutnya lancar. Belok ke stasiunnya lancar. Jalanan menuju tempat penitipan motornya juga tidak padat merayap seperti kalau berangkat jam 6 dari rumah. Motor yang dititipkan di tempat yang saya pilih juga belum terlalu banyak, jadi tidak sulit untuk masuk. Baru menyentuh lantai tempat penitipan langsung dicegat tukang tata motor, eh apa dia yang punya tempat penitipan ya, hehe, gak tau lah. "Sampai disini saja nggak apa-apa mbak". Oalah, ternyata mau bantu parkirin. Oke deh, aman, gak perlu repot parkir, kebetulan nggak begitu bisa juga, wkwk. 

Setelah mengambil kunci dan menyerahkan helm, seperti terhipnotis saya langsung ngeloyor pergi ke stasiun. Baru ingat setelah di dalam stasiun kalau tadi kenapa patuh-patuh aja ngasih motor. Yang cabut kunci juga bapaknya. Saya sampai lupa sudah menutup tempat kunci atau belum. Saya mulai was-was, khawatir motor kenapa-napa. Gimana kalau motor dicuri, karena saya pernah dengar kalau kunci motor itu tidak unik, jadi motor saya bisa dinyalain dengan kunci lain dari motor yang sejenis. Saya baru ingat juga tidak memfoto tempat itu sebagai bukti bahwa saya menaruh motor disitu. Sehingga kalau motor saya hilang, saya tidak ada kekuatan untuk menuntut. Aduh, efek kebanyakan nonton sinetron dan acara kriminal di tv begini nih, pikiran bisa kemana-mana. Saya bakal nyesel banget kehilangan motor demi menghindari naik ojek. Mahalan motor euy. Ah, tapi saya tidak berani balik. Mau ngapain juga, nanti malah dikira curiga sama bapaknya, kan nggak enak, baru pertama kali sudah bermasalah. Bismillah percaya aja, insyaAllah aman. Dilalah waktu mau turun tangga menuju peron baru ingat kalau kacamata ketinggalan di motor. Kacamata itu cuma dipake kalau saya lihat jauh seperti rapat atau lihat jadwal kereta di layar atas peron, jadi jarang dipakai. Walau begitu saya lebih nggak pede nggak bawa kacamata, takut butuh. Alhasil, saya balik ke tempat penitipan motor untuk ambil kacamata. Keluarnya nggak tap kartu kereta lagi, dibantu pake kartu petugasnya. Sebelum meninggalkan parkiran motor setelah mengambil kacamata, iseng saya fotoin tempat parkirnya sebagai bukti kalo motor ilang jadi bisa klaim kalau saya naruh disini. Tuh kan, paranoid tingkat dewa lagi, efek kebanyakan nonton sinetron, wkwkwk. 

Pagi ini tuh rasanya lega banget. Kelemahan yang selama ini bercokol di otak udah dikalahin. Ada rasa puas, bangga sama diri sendiri, walau bagi orang kebanyakan ini hal yang remeh dan guampang banget, tapi buat saya ini pencapaian yang besar dalam hidup saya, yaitu mengalahkan rasa takut. Bagi yang belum bisa bawa motor, yuk belajar, ternyata bawa motor itu tidak sulit-sulit banget kok. Kalau kata suami, yang penting pede. Jatuh juga pede aja. Salah lampu sen, belok tertatih-tatih sampe bikin macet panjang juga pede aja, namanya juga belajar. Dan semua orang pernah di posisi itu. Selalu ada yang pertama dalam hidup kan😊

Komentar

Postingan Populer